Info Bang Maman
Thursday, 08 Dec 2022
  • BELAJAR BELAJAR DAN BELAJAR SUATU SAAT APA YANG KITA PELAJARI AKAN BERMANFA'AT BUAT DIRI KITA KELUARGA KITA DAN ORANG-ORANG YANG ADA DI SEKITAR KITA

Komponen Pada Mainboard

Diterbitkan : - Kategori : SISTEM KOMPUTER

Komponen Motherboard

Semua perangkat yang kita lihat di komputer secara langsung atau tidak langsung terhubung ke motherboard. Jadi, orang umumnya menyebut motherboard sebagai tulang punggung atau tulang punggung komputer. Motherboard hadir di setiap perangkat elektronik mulai dari tablet, smartphone, PC, dll dan ukurannya bervariasi sesuai dengan perangkat.

Apa itu Motherboard?

Motherboard adalah papan sirkuit cetak tipis (PCB) yang menghubungkan semua komponen berbeda di dalam komputer Anda. Jadi, bisa dikatakan motherboard bertindak sebagai hub dalam sebuah jaringan. Orang menyebut motherboard dengan nama yang berbeda seperti mainboard, logic board, baseboard, system board, mobo, dll.

Lokasi Motherboard:

Di PC Desktop: Di PC desktop, Anda akan menemukan casing komputer persegi panjang besar. Setelah Anda membuka kasing untuk mengeksposnya di dalam mesin, Anda akan menemukan pelat sirkuit cetak persegi besar berwarna hijau/biru/coklat/merah. Plat ini adalah motherboard dari PC.

Di laptop: Jika Anda membuka penutup bawah laptop, Anda akan melihat papan PCB besar yang merupakan motherboard.

Di smartphone: Saat Anda membuka penutup belakang smartphone, dan memasang beberapa pin maka Anda akan menemukan motherboard Anda.

Jenis Motherboard

Di semua perangkat elektronik yang dapat diprogram, motherboard adalah papan PCB besar. Komponen yang terpasang pada papan dapat bervariasi dari satu sistem ke sistem lainnya. Desktop memiliki berbagai jenis soket dan perangkat keras yang mungkin berbeda dari smartphone. Komponen umum seperti CPU, memori, penyimpanan, kapasitor, transistor, slot, konektor umum di semua perangkat elektronik.

Jika Anda mengetahui semua komponen ini di desktop, maka Anda dapat dengan mudah mendapatkan gambaran tentang komponen di perangkat elektronik lainnya. Jadi dalam artikel ini, kami fokus pada komponen desktop.

24 komponen motherboard dan beserta fungsinya beserta gambarnya

Mari kita bahas satu persatu komponen motherboard berikut ini:

1) Chip RAM dan Slot RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Ini juga disebut memori utama. RAM adalah perangkat penyimpanan data sementara di komputer dan perangkat lain. Data yang disimpan dalam RAM akan terhapus segera setelah daya dimatikan.

Dalam istilah awam, RAM dianalogikan dengan memori jangka pendek. RAM lupa isinya segera setelah daya dimatikan, penyimpanan Informasi dalam memori jangka pendek akan hilang setelah beberapa hari.
RAM memiliki kapasitas transfer data dua arah dari CPU ke memori selama operasi tulis dan dari RAM ke CPU selama operasi pembacaan. Ini bertindak sebagai mediator untuk transfer data dari CPU ke perangkat lain seperti HDD, cdrom, PEN drive.

Disebut Random-access memory karena setiap alamat memori RAM dapat diakses langsung dari lokasi manapun. Jika nomor baris dan nomor kolom diketahui maka data di lokasi memori mana pun dapat diakses.

Berbagai jenis RAM tersedia di pasaran beberapa di antaranya adalah DRAM, SDRAM, DDR, SRAM, CMOS RAM, VRAM dll. Umumnya RAM yang tersedia di pasaran PC adalah dari 2 GB hingga 16 GB.

2) Chip dan Soket CPU

CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit. Dianggap sebagai otak komputer dan perangkat elektronik lainnya karena semua tugas pengambilan keputusan komputer dilakukan oleh CPU. Ini adalah papan sirkuit cetak besar di mana semua komponen dan periferal terhubung secara langsung atau tidak langsung. Fungsi utama CPU adalah untuk menjalankan operasi dasar aritmatika, logika, dan input/output .

CPU terdiri dari 3 komponen tipikal utama. ALU, CU
ALU: Arithmetical Logical Unit (ALU) adalah sirkuit digital (gerbang) CPU yang digunakan untuk melakukan semua operasi aritmatika dan logika. Beberapa operasi aritmatika normal yang dilakukan oleh ALU adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Beberapa operasi logika yang dilakukan oleh ALU adalah perbandingan antara angka dan huruf. Satu CPU juga dapat berisi lebih dari satu ALU.

CU: Control Unit (CU) adalah sirkuit digital CPU yang mengontrol semua operasi di dalam CPU. Ini memungkinkan dan mengajarkan berbagai unit logis, perangkat I/O, memori komputer bagaimana merespons instruksi program dari berbagai komponen dan juga pengguna.

Memori atau Unit Penyimpanan:

3) Slot PCI dan Chip PCI

Peripheral Component Interconnected (PCI) adalah komponen perangkat keras yang terpasang pada motherboard untuk menghubungkan berbagai komponen perangkat keras seperti modem, pengontrol disk, kartu NIC, Kartu Suara, kartu grafis, kartu tambahan SSD, kartu RAID, USB tambahan, dan port serial yang diperlukan agar PCI slot membantu meningkatkan kemampuan motherboard tanpa menambah atau mengganti motherboard.

Jika Anda memiliki port dan slot terbatas pada motherboard untuk menghubungkan berbagai jenis perangkat keras seperti port kartu grafis (port AGP) maka Anda dapat menggunakan slot PCI untuk menghubungkan kartu Grafis dan menikmati fitur yang sama. Cara yang sama jika Anda memiliki port USB terbatas di sistem komputer Anda dan menginginkan lebih, Anda dapat menggunakan kartu ekspansi USB dan mendapatkan lebih banyak port USB di sistem Anda.

Itu diperkenalkan pada tahun 1992, sebelum ISA itu , EISA digunakan untuk tujuan yang sama. Kemudian pada tahun 2004 slot PCIe dikembangkan dan menggantikan slot PCI , slot AGP , dan slot ISA .

4) Chip ROM

ROM adalah penyimpanan nonvolatile yang isinya tidak akan terhapus bahkan setelah listrik dimatikan. Konten yang disimpan dalam ROM tidak mungkin atau sangat sulit untuk dimodifikasi. ROM hanya berisi beberapa KB informasi di mana semua informasi BIOS disimpan, ia memberi tahu cara memulai, apa yang harus dilakukan saat memulai, driver mana yang memuat, informasi kecepatan kipas CPU, informasi urutan boot, waktu tanggal sistem, dll.

5) Slot dan Chip AGP

Slot Port Grafis yang Dipercepat ( Slot AGP) adalah sejenis slot ekspansi seperti slot PCI tetapi terutama dirancang untuk kartu grafis. Ini pertama kali diperkenalkan oleh Intel pada tahun 1996. Kita dapat dengan mudah menemukan slot ekspansi ini karena biasanya disajikan dalam warna coklat .

6) North Bridge

North Bridge juga disebut Host bridge atau Memory Controller Hub. Ini bertindak sebagai pengontrol utama di motherboard yang mengarahkan lalu lintas ke dan dari CPU. Jadi, kinerja komputer juga tergantung pada chip northbridge. Itu melakukan banyak pemrosesan sehingga umumnya dilengkapi dengan heatsink.

Karakteristik North Bridge:

  • Ini menghubungkan southbridge ke CPU.
  • Ini menangani dan mengomunikasikan komponen yang lebih cepat pada motherboard seperti Memori Utama, AGP, PCIe, ROM, dan CPU.
  • Berfungsi sebagai pengontrol kecepatan bus pada motherboard.
  • Umumnya, ia melakukan banyak pekerjaan dengan CPU, sehingga terletak dekat dengan CPU umumnya dengan heatsink.
  • Ini adalah komponen inti dan terhubung langsung ke CPU.

Di beberapa prosesor Intel, semua fungsi northbridge dilakukan oleh CPU.

7) Southbridge

Southbridge adalah chip IC yang umumnya menangani dan mengontrol fungsi IO di motherboard. Tidak seperti Northbridge, ia tidak memiliki hubungan langsung dengan CPU. Biasanya menangani perangkat berkecepatan rendah karena kecepatan komunikasinya lebih rendah. Instruksi dari CPU mencapai northbridge kemudian dari northbridge ke southbridge. Ini terhubung ke bus PCI, bus ISA, bus IDE, audio, perangkat serial seperti mouse, keyboard, port USB, dll, dan konektor hard disk SATA.

Dalam ukuran, itu lebih kecil dari jembatan utara. Dan di beberapa southbridge, kita bisa menemukan heatsink yang menempel padanya.

8) Baterai Cadangan CMOS

CMOS adalah singkatan dari ” Complementary Metal Oxide Semiconductor ” dan ditemukan di laptop dan PC desktop sebagai bentuk koin melingkar kecil.CMOS menyimpan berbagai informasi sistem seperti jam sistem saat ini, tanggal, waktu, pulsa, sebagian besar pengaturan perangkat keras yang digunakan, konfigurasi BIOS pengaturan, urutan BOOT, kata sandi master/admin BIOS, GPU, dan pengaturan virtualisasi, manajemen daya, dll. Mereka dapat menyimpan pengaturan tersebut untuk waktu yang lebih lama sekitar 2 hingga 10 tahun.CMOS bekerja terus menerus bahkan jika Anda mematikan sistem Anda karena terus memegang semua pengaturan yang disebutkan di atas.

Baterai CMOS terlihat seperti ini:

baterai cmos dan lokasinya

CMOS juga disebut CMOS RAM , COS-MOS , NVRAM (Non-Volatile RAM) di pasaran.

Ini juga disebut RTC (Real Time Clock) dari sistem komputer karena bahkan komputer dimatikan, ia dapat menyimpan semua informasi yang diperlukan yang diperlukan sistem untuk mem-boot sistem di lain waktu.

Lebih Lanjut Tentang CMOS:

  1. Chip CMOS pertama kali diperkenalkan di komputer IBM.
  2. CMOS adalah chip teknologi berdaya rendah sehingga tahan lebih lama.
  3. CMOS biasanya dapat menyimpan hingga 256 byte informasi.
  4. Baterai CMOS di laptop dan PC desktop adalah 3V
  5. Daya tahan baterai CMOS bertahan 2 hingga 10 tahun (sumber: hp store)
  6. Baterai CMOS yang umum digunakan di PC adalah sel koin lithium CR2032

9) Power Supply Plug

Pekerjaan utama port Power Supply di Motherboard adalah memberikan daya ke Motherboard dan komponen serta periferalnya yang terpasang.

i) 24 (20 + 4) catu daya ATX
Pada PC modern, catu daya ATX disediakan 24 Pin (20 + 4) Konektor Catu Daya Utama (Pcs Lama hanya memiliki 20 Pin)

ii) Konektor 4 Pin atau 8 Pin
Port ini di motherboard berfungsi untuk menyediakan daya khusus ke CPU. PC lama mungkin tidak memiliki motherboard Plugin ini tetapi komputer modern dapat melakukan banyak pekerjaan seperti overclocking, jadi, kabel khusus disediakan untuk CPU.

Konektor 8Pin dapat dibagi menjadi dua dan setiap bagian yang terpisah dapat digunakan sebagai konektor 4 pin.

iii) Konektor 6-Pin atau 8-Pin PCI-Express
Ini diperlukan untuk memberi daya pada port PCI-E. Slot PCI-E membutuhkan daya 75W untuk beroperasi.

PC lama tidak memiliki ini.

iv) Pin Molex
Molex adalah 4 pin daya yang diperlukan untuk memasok daya ke CDROM dan hard drive lama. Molex saat ini digunakan untuk Case Fan. (ada yang punya ada yang tidak)

Konektor Molex dilengkapi dengan konektor Mini Molex, yang digunakan untuk floppy disk drive di PC yang jauh lebih tua.

v) SATA power supply
Hard drive dan CDROM modern menggunakan kabel SATA untuk daya. Di motherboard, ini adalah port berbentuk L sehingga kabelnya terhubung ke port SATA hanya dengan satu cara. Di motherboard, ia memiliki 15 pin. Ini menyediakan fitur hard drive hot-swappable yaitu. plug and play fitur hard drive.

10) Port dan Konektor SATA dan PATA

PATA adalah singkatan dari Parallel Advanced Technology Attachment. Ini adalah kabel pita panjang dan lebar 40 pin yang digunakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan massal seperti hard disk (HDD atau SSD), drive optik ke komputer. Diluncurkan pada tahun 1986 oleh Western Digital dan Compaq. Setiap kabel PATA memiliki dua atau tiga konektor, yang satu terpasang ke antarmuka adaptor dan sisanya dicolokkan ke perangkat penyimpanan sekunder.

Di komputer modern, itu tidak digunakan. Ini adalah teknologi usang dan digantikan oleh Teknologi SATA

SATA adalah singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment. Ini adalah kabel 7 pin yang lebih pendek dan kuat dari konektor PATA dan fungsinya sama dengan konektor PATA. Versi pertama SATA diluncurkan pada tahun 2000.

Ada beberapa keuntungan menggunakan SATA dibandingkan PATA

  • Reduce Cable Size : Ukuran kabel SATA lebih pendek dari kabel PATA. Panjang kabel maksimum kabel SATA adalah 18 inci dan panjang kabel maksimum PATA adalah ~ 39 inci.
  • Higher Bandwidth : Rentang bandwidth dari berbagai kabel PATA adalah antara 16 MB/s – 133 MB/s. Namun rentang bandwidth dari berbagai kabel SATA adalah antara 150 MB/s – 600 MB/s.
  • SATA memiliki fitur hot-swappable : Kabel SATA dari perangkat dapat dipasang masuk dan keluar bahkan sistem ON (Tapi jangan mencoba dengan menjalankan hard disk atau CDROM). Hot-swappable tidak berfungsi dengan PATA. Cobalah (Lepaskan kabel SATA dari CDROM, Restart PC Anda kemudian masukkan SATA ke CDROM, itu akan berhasil.)

Cobalah (Lepaskan kabel PATA dari CDROM, Restart PC Anda kemudian masukkan PATA ke CDROM, itu tidak akan bekerja. Perhatian: Jangan lakukan hot-swap dengan kabel PATA).

  • Kabel SATA lebih murah daripada kabel PATA.
  • SATA menawarkan sebuah eksternal antarmuka tetapi PATA tidak.

11) Port paralel

Port paralel digunakan untuk mentransfer secara paralel melalui beberapa saluran komunikasi. Digunakan untuk printer, pemindai, Zip Drive, HDD eksternal, perangkat cadangan pita, CD ROM eksternal, dll.

Klik di sini untuk melihat tampilan port paralel dari eksternal.

12) Port Serial

Dengan port serial, hanya satu bit data yang ditransfer dalam satu waktu. Hal ini ditemukan di PC yang lebih tua untuk menghubungkan keyboard yang lebih tua, PDA, modem eksternal.

13) Port PS/2

Port PS/2 populer di PC desktop lama. Tapi sekarang sudah usang.

  • PS/2 (warna hijau ) untuk mouse.
  • PS/2 (ungu) untuk keyboard.

14) Port USB

USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. Kecepatan transfernya lebih cepat daripada konektor PS/2 sehingga PC modern tidak menemukan port PS/2. Ada berbagai jenis port USB beberapa di antaranya adalah:

  • Tipe A
  • Tipe B
  • Tipe C
  • Tipe A Mini
  • Tipe B Mini
  • Tipe A Mikro
  • Tipe B Mikro
  • Tipe B Mikro USB3

15) RJ-45 Port

RJ adalah singkatan dari Register Jack. Bentuknya seperti jack telepon tetapi sedikit lebih besar.RJ45 disebut juga Ethernet Port karena digunakan untuk menyediakan internet ke komputer.Port RJ 45 digunakan untuk menghubungkan ke Local Area Network menggunakan kabel ethernet twisted pair. Kabel Ethernet memiliki konektor konektor ini terhubung ke port RJ45.

16) port HDMI

HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface . Ini dikembangkan pada tahun 2002 M. Ini terlihat seperti port USB tetapi ukurannya cukup besar. HDMI adalah antarmuka digital untuk transmisi data audio dan video dalam satu kabel ke perangkat digital seperti TV digital, proyektor, konsol game, komputer, perangkat seluler, kamera digital, kotak kabel, blu ray, dll .

17) Port Audio

Sebagian besar komputer desktop saat ini dilengkapi dengan 3 hingga 6 port.

  • Green Color Port adalah Line Out yang diperuntukkan bagi headphone dan speaker stereo.
  • Port Pink / Pink Muda untuk input Mikrofon.
  • Port Biru Muda adalah jalur Di mana untuk pemutar mp3, pemutar DVD, pemutar CD, penerima stereo, meja putar, gitar listrik, output audio VCR.
  • Dolby Audio Black Port untuk speaker belakang.
  • Port oranye/kuning adalah Saluran Tengah/Bass yang untuk subwoofer

18) Heatsink

Heatsink menggunakan konduktor termal untuk mengurangi panas yang dihasilkan dan mencegah panas berlebih dari komponen perangkat keras seperti CPU, GPU, northbridge, southbridge, modul RAM, dll. Secara umum, komponen yang menghasilkan panas tersebut memerlukan heatsink.

Komponen Motherboard Heatsink

CPU harus melakukan banyak tugas setiap detik. Saat melakukan tugas besar, itu menghasilkan panas dan jika panas tidak dipertahankan maka prosesor akan menghancurkan dirinya sendiri. Juga di bagian atas heatsink akan memiliki KIPAS dan KIPAS ini membantu mendinginkan unit pendingin. Ini adalah Pendingin Udara Heatsink

Namun di pasar, kami akan memiliki heatsink pendingin cair yang juga umumnya digunakan di lingkungan game kelas atas, server, dan pusat data.

19) Switches and Jumper

Switches and Jumper digunakan untuk mengkonfigurasi ulang sirkuit ke papan sirkuit yang ada dengan cara yang dapat dibalik.

Jumper juga disebut Jumper Shunt adalah papan sirkuit kecil yang digunakan untuk menutup, membuka atau memotong bagian dari sirkuit elektronik.

Closed Stage Jumper : Jika steker didorong ke bawah melalui dua pin, jumper disebut sebagai jumper.

Opened Stage Jumper : Jika tidak ada colokan ke pin maka itu adalah open stage.

20) Kapasitor

Kapasitor adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menyaring, memisahkan, dan mengatur waktu rangkaian di motherboard. Ada lebih banyak kapasitor di motherboard yang sebagian besar melakukan fungsi decoupling, sehingga kapasitor tersebut disebut kapasitor decoupling. Kapasitor decoupling digunakan untuk menstabilkan daya di setiap IC yang digunakan dalam sistem.

Muncul dengan berbagai level tegangan seperti 3,3 V, 5 V, 12 V.

Komponen Motherboard kapasitor

Misalkan suatu rangkaian membutuhkan input 5 V daripada sebelumnya rangkaian itu akan ada kapasitor secara paralel yang memungkinkan hingga 5 V untuk melewati rangkaian itu.

21) Transistor dan MOSFET

Transistor digunakan di sebagian besar komponen motherboard untuk berbagai tujuan seperti:

  • mengendalikan jumlah arus atau tegangan dalam komponen
  • amplifikasi/modulasi sinyal elektronik
  • switching sinyal elektronik dan daya listrik.

Motherboard saat ini memiliki transistor SMD (Surface Mount Device) yang menggunakan Surface Mount Technology (SMT). Mereka ditemukan terpasang di motherboard.

MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor) adalah transistor yang paling banyak digunakan di motherboard.

Komponen Motherboard Mosfet

Huruf yang menunjukkan MOSFET dan Transistor adalah sama: yaitu. Q, PQ

22) Dioda

Motherboard di laptop Anda, ponsel memiliki Dioda SMD dan terpasang di motherboard Anda.

Fungsi utama dioda adalah untuk memungkinkan arus mengalir dalam satu arah seperti jalan satu arah. Ini membantu untuk mengubah lonjakan tegangan di motherboard dengan mengubah lonjakan tegangan arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah.

Komponen Motherboard Dioda

23) VRMs

VRM adalah singkatan dari Voltage Regulator module. VRM adalah sirkuit elektronik yang terletak di dekat CPU dan pekerjaan utamanya adalah memberikan tegangan yang stabil dan konsisten ke prosesor. Sebagai unit Powersupply mengubah tegangan eksternal misalnya. 240 volt ke 12V atau 5 V, voltase ini kembali diambil oleh VRM terlebih dahulu dan kemudian turun lagi dan mengatur voltase ini dan memberikan daya yang diperlukan terus menerus ke prosesor.

Ini sangat penting untuk overclocking CPU atau GPU.

Komponen Motherboard VRMs

24) Mounting Screw Hole

Komponen Motherboard : Mounting Screw Hole

Lubang pemasangan memungkinkan kita memasang motherboard ke permukaan.

Anda hanya perlu memilih ukuran sekrup yang sesuai dengan ukuran lubang pemasangan di motherboard Anda, temukan permukaan yang akan dipasang dan bor yang sesuai.

Post Terkait

25 Kerusakan Komponen Komputer

Wednesday, 19 Oct 2022

Jenis-jenis Komputer

Monday, 24 Jul 2017