Info Bang Maman
Friday, 12 Apr 2024
  • BELAJAR BELAJAR DAN BELAJAR SUATU SAAT APA YANG KITA PELAJARI AKAN BERMANFA'AT BUAT DIRI KITA KELUARGA KITA DAN ORANG-ORANG YANG ADA DI SEKITAR KITA

Latihan Soal Pemprograman

Diterbitkan : - Kategori : RUPA-RUPA

Pilihan Ganda Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D, atau E yang benar pada soal berikut:

1. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakkukan adalah :

a. Membuat program
b. Membuat Algoritma
c. Membeli komputer
d. Proses
e. Mempelajari program

2. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah di sebut :

a. Proses
b. Program
c. Algoritma
d. Step
e. Diagram

3. Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa :
a. Bahassa Inggris
b. Bahasa Puitis
c. Bahasa pemograman
d. Sembarang bahasa asal terstruktur
e. Bahasa Mesin

4. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
a. Sebelum pembuatan program
b. Pada saat program dibuat
c. Sesudah pembuatan program
d. Pada saat verifikasi program
e. Pada saat di jalankan

5. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :

a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
b. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
d. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
e. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil

6. Diketahui bahwa kantong P kosong. Kantong Q berissi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan di katakan BUKAN kantong P yang terbawa, Maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :

a. 10
b. 15
c. 10 atau 15
d. 10 dan 15
e. Kosong

7. Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi :
a. Merah
b. Ungu
c. Hijau
d. Putih
e. Abu-abu

8. Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P=nilai Q,dan nilai Q menjadi :
a. Menjadi Sembarang Nilai
b. Menjadi hampa
c. Q tetap
d. Menjadi 10
e. P tetap

9. Apabila a=5, b=10, maka jika di berikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan :
a. a=0 , b=5
b. a=10 , b=5
c. a=10 , b=0
d. a=b
e. a=10 , b=10

10. Di berikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah :
a. 15 dan 0
b. 0 dan 15
c. 15 dan 15
d. 0 dan 10
e. 10 dan 15

11. Tipe data bahasa pascal untuk TRUE FALSE adalah…
a. String
b. Char
c. Boolean
d. Byte
e. Real

12. Tipe bilangan bulat dalam bahasa pemrograman dikenal sebagi …
a. Byte
b. Integer
c. Char
d. String
e. Boolean

13. Istilah” perulangan “ dalam pemograman pemrograman dikenal dengan …
a. Repeating
b. Again
c. Funtion
d. Replay
e. Looping

14. Menggambarkan program secara logika merupakan fungsi dari…
a. Flowchart
b. Dxdiag
c. Begin
d. SI
e. Sistem oprasi

15. Deklarasi yang digunakan untuk mengidentifikasikan data yang nilainya sudah ditentukan dan pasti, tidak dapat dirubah dalam program disebut deklarasi…
a. Deklarasi label
b. Deklarasi konstanta
c. Deklarasi tipe
d. Deklarasi variabel
e. Deklarasi prosedur

16. Bilangan yang mengadung pecahan ,paling sedikit harus ada satu digit sebelum dan sesudah titik desimal termasuk dalm tipe data…
a. Real
b. Boolean
c. Integer
d. Longint
e. Byte

17. Bentuk dari suatu statment IF berada di dalam lingkungan statmean IF yang lainya,disebut IF dalam kondisi …
a. IF bersarang
b. IF bercabang
c. IF tunggal
d. IF-THEN
e. IF do while-Until

18. Tipe data terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen ,komponen yang mempunyai tipe sama,disebut tipe data…
a. Array
b. Byte
c. Longint
d. Integer
e. Boolean
19. Suatu indentifier non standar yang nilainya tidak tetap atau nilainya merupakan hasil dari suatu proses,disebut…
a. Variabel
b. Ripe data
c. prosedur
d. deklarasi
e. Array

20. Suatu program terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi sebagai subprogram ( program bagian) ,disebut…
a. Variabel
b. Tipe data
c. Prosedur
d. Deklarasi
e. Array

21. Berikut ini yang termasuk operator aritmatika yaitu ….
a. *
b. /
c. %
d. +
e. Semua benar

22. Nama variabel berikut ini yang benar adalah …
a. NamaGuru
b. Alamat Guru
c. alm gr
d. sts/status
e. tpt.tgl

23. Tipe data yang cocok untuk menyimpan data nama siswa adalah …
a. Numeric
b. Character
c. Date/Time
d. Array
e. Integer

24. Pemberian nama variabel yang benar adalah …
a. %nilai
b. nilai_mahasiswa
c. nama mahasiswa
d. &panjang
e. alamat!

25. Nama lain dari flowchart adalah ….
a. Algoritma
b. Alur
c. Bagan alir
d. Tree
e. Diagram

26. Tipe data yang mampu menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah tipe data …
a. Array
b. String
c. Record
d. Subrange
e. Character

27. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelessaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut ….
a. Algoritma
b. Flowchart
c. Variabel
d. Tipe data
e. Konstanta

28. Jenis tipe data yang mempunyai elemen-elemen yang harus disebut satu-persatu dan bernilai konstanta integer sesuai dengan urutannya disebut ….
a. Array
b. Record
c. Enumerasi
d. Int
e. Boolean
29. Yang dimaksud dengan konstanta adalah ….
a. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah
b. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
c. Nilai dari suatu variabel
d. Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan dari user
e. Variabel tetap/konstan

30. Jika ingin mengisi nilai pada varibel seperti foto keluarga, maka tipe data yang digunakan adalah jenis ….
a. Gambar/image
b. Array
c. Record
d. Boolean
e. Char

31. Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data nama siswa adalah mengunakan tipedata ….
a. Numeric
b. Varchar
c. Date time
d. Array
e. Integer
32. Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data tanggal lahir adalah mengunakan tipedata ….
a. Numeric
b. Varchar
c. Date time
d. Array
e. Integer

33. Penerapan operasi perhitungan yang ada pada program diatas adalah menggunakan operator-operator dibawah ini, kecuali ….
a. +
b. –
c. *
d. /
e. =

34. Macam-macam bahasa pemrograman kecuali ………
a. Java
b. C++
c. Isyarat
d. C
e. PHP
35. Instruksi untuk melakukan RUN dalam program visual basic…
a. F1
b. F5*
c. F4
d. Alt+F9
e. F6

36. Pada saat pertama kali membuka Visual Basic, pilihan tipe project yang kita gunakan adalah….
a. VB.exe
b. Standard.exe*
c. Normal.exe
d. ActiveX.EXE
e. kompli

37. Extension file untuk project dari Visual Basic adalah
a. .vbp*
b. .xls
c. .doc
d. .exe
e. .jpg

38. Salah satu kegunaan dari Visual Basic adalah untuk membuat…
a. Presentasi
b. Desain Gambar
c. Formulir*
d. Surat
e. dokumen

39. Dalam koding program Visual Basic, perintah untuk langsung keluar dari program pada saat program dijalankan adalah…
a. Exit
b. End*
c. Close
d. Drop
e. open

Post Terkait

Soal Pilihan ganda VisualBasic

Tuesday, 28 Nov 2017

Tugas Upload Ke Blog Masing-Masing

Wednesday, 18 Oct 2017

Soal – soal latihan mikrotik

Thursday, 24 Nov 2016

Jobsheet Linux

Thursday, 25 Aug 2016

Pembahasan Ujikom

Thursday, 4 Feb 2016

IDN mewarnai dunia SMK TKJ

Monday, 27 Oct 2014