Siapa yg mempromosikan diri kita? ya diri kita sendiri…

Siapa yg mempromosikan diri kita? ya diri kita sendiri…sering sy memberi nasehat ke siswa supaya dari sekarang promosikan diri kamu.. trus ditanya bagaimana promosinya pa ..? ya sy jawab buat status fb kalian tentang yang kalian hobi dan skill yang kalian miliki janganlah isi status tentang hal-hal yang tak berguna.. supaya betul-betul ilmu kita dapat bermanfa’at maka kita juga harus pandai-pandai mempromosikannya. #menjadi pejabat aja ada promosinya.
nah ini adalah contoh trik-trik dalam mempromosikan skill/keilmuan kita :

1. bantulah teman yg membutuh walaupun tanpa imbalan
misalnya kita mao mulai sebagai teknisi komputer maka kita bantu sodara atau teman kita jika ada kerusakan komputer, jangan berfikir uang dulu yang penting kita buktikan dahulu kalo kita bisa memperbaiki komputer, contoh nya lain masih banyak tergantung skill/keilmuan kita.
2. buat blog
seorang IT memang tidak perlu membuat baliho atau spanduk cukup mempromosikan diri nya melalui tulisan2 pada blog dengan begitu orang lain yg membacanya akan mengetahui keilmuan kita.
3. Buatlah status yang bermutu pada fb, twiter dan lain sebagai pada sosial media
pekerjaan seorang bisa terlihat dr status fb nya contoh ma’af nih kalo contoh “ alhamdulliah hari ini kelapa laku bangat walaupun mahal, kalo bisa lebaran setiap bulan biar kelapa bisa laku “ itu menunjukan dia seorang pedagang nah kalo kita seorang it ya harus status mengenai it juga… contohnya “hari ini berhasil mengkonfigurasi email server dengan zimbra” nah ini menunjukan dia seorang IT SysAdmin
4. ikuti seminar-seminar
dengan sering mengikuti seminar kita bertambah pengetahui dan juga mendapatkan teman-teman yang baru…dari teman2 tersebut secara tidak langsung akan menawarkan suatu pekerjaan kepada kita.
5. selalu berbagi skill/keilmuan
dengan berbagi ilmu kita akan diketahui oleh lingkungan kita, karena kebaikan tak akan tertukar.
6. jadilah guru atau pengajar
dengan menjadi guru/pengajar pasti banyak siswa2 yang mengetahui tentang skill/keilmuan yang kita miliki.
7. pilihlah skill/keilmuan yg masih langka
dengan memilih ilmu atau skill yang masih langka maka nilai ilmu kita akan menjadi mahal.. jadi ya harus diatas rata2 skillnya.
8. buatlah buku atau modul
banyak orang menjadi terkenal karena bukunya yang bagus yang menjadi reperensi belajar untuk orang2…

Intinya adalah kita harus menampilkan apa yang bisa, walaupun pada awalnya sering dikata sok tau… dari situ kita akan banyak belajar…
bisa karena terbiasa dan terpaksa..