KONSEP FILE SERVER

Pengertian File server

File server adalah komputer server  yang beroperasi pada jaringan untuk menyimpan file, media, dokumen, folder, dan database. Sebuah file server merupakan titik pusat dari jaringan dan terhubung ke semua komputer jaringan lainnya.

Semua sistem jaringan lain yang dikenal sebagai klien dan dapat mengakses file di server. File server tidak mampu pemrograman atau perhitungan karena mereka hanya bertindak sebagai jalur akses penyimpanan data dan pengambilan.

File Server memungkinkan data yang akan dibagi dan disalin melalui jaringan. Penggunaan perangkat removable seperti floppy disk drive dan dapat dihilangkan dengan menggunakan file server. Setiap komputer dengan kapasitas menangani permintaan file dapat diatur sebagai file server dalam jaringan.

Manfa’at file server

Manfaat utama dari file server adalah bahwa ia menyediakan ruang untuk menyimpan file. Server juga membuat file yang tersimpan tersedia untuk semua komputer terpasang ke jaringan. Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk perangkat removable dan menghemat waktu dalam mengedit dan berbagi file pada jaringan. Hal ini terutama berguna ketika banyak orang membutuhkan akses ke file tertentu.
File dapat dengan mudah dipantau karena mereka semua disimpan dalam satu lokasi pada server. Sebuah file server juga memungkinkan manajemen yang lebih baik dari perangkat keras seperti memori, prosesor, dan drive.
File server juga menyediakan keamanan tambahan untuk file data penting. Informasi yang tersimpan di server dapat dilindungi dengan password.

Cara kerja File Server

File server biasanya menyediakan ruang untuk menyimpan dan mengambil dokumen Anda sesuai kebutuhan. File server mengoptimalkan teori antrian untuk mengelola beban tinggi dan mengoptimalkan waktu pengiriman pesan. Kombinasi hardware dan software aplikasi yang digunakan untuk merespon berbagai tuntutan. Server menggunakan load balancing dinamis untuk mendistribusikan permintaan untuk berbagai potongan perangkat keras.

File server mampu menangani beberapa permintaan dan menyediakan berbagai layanan pada saat yang sama. Mereka memberikan dukungan e-mail, web browsing, dan linkage FTP.

Sebuah file server sederhana dapat menjadi komputer biasa yang menyimpan file Anda dan mengirimkannya melalui jaringan ketika diminta. Dengan jaringan yang canggih, file server bisa menjadi jaringan khusus attached storage (NAS) sistem yang berfungsi sebagai remote hard drive untuk komputer lain.