Belajar keras kerjanya ringan, belajar ringan kerjanya keras.

Training pertama 9 hari gratis untuk guru SMK bersama ID-NETWORKERS.COM

Sudah lama sekali kepengin belajar cisco trus bingung mulainya dari mana ampe beli hardwarenya juga tetap ngga bisa menggunakannya, akhrinya ada lembaga training yang sangat berbaik hati dengan mengadakan training gratis untuk guru yaitu ID-NETWORKERS.COM dengan materi training yang expert dan lumayan mahal bagi guru-guru SMK untuk mambayarnya tapi ini diberikan secara gratis tis tis. Materi training cukup padat dari mulai cisco, mikrotik dan wireless yang semua memang ilmu terapan yang bisa langsung kita praktekan di dunia kerja….

Masa training hanya 9 hari tapi kalo kita belajar sendiri ya kurang lebih bisa setahun lebih….(tergantung orangnya juga) itulah pentingnya ada guru… awal mulanya mengetahui ada training gratis dari kawan yang bilang katanya ada training gratis untuk guru SMK.. lalu saya langsung buka aja web nya ID-Netwrkes.com dan langsung mendaftar, takut keburu ditutup karena fist in fist out siapa dulu dia dapat waktu itu masih bulan puasa maka pada saat sahur langsung saya sms alhamdulillah langsung di respon langsung oleh pa dedi….

Setalah masih ada kesempatan untuk pendaftaran maka saya langsung ke SMk untuk minta surat keterangan dari pihak sekolah untuk bisa mengikutin training, dan akhinya sekolah memberikan izin serta surat untuk mengikuti traing guru ini… (ya sambil ngerayu TU ma kepala sekolah).

Pada saat hari pertama training saya jalan jam 6 pagi dari rumah, dan langsung menuju ketempat lokasi menjadi patokan saya lokasi dekat radio rodja cilengsi, saya pernah kesitu sama teman jadi ngga begitu bingung dareah radio radja. Setelah sampai di radio rodja lalu saya muter-muter mencari alamat perumahannya… eh ternyata kelewat. Lalu balik lagi pas masuk kedaerah perumahan saya langsung menanyakan rumah pa dedi perumahan assunnah no.1 eh ternyata yang saya tanya adalah pa dedi nya jadi malu… hehehehe..

Acara hari pertama adalah perkenalan dari nama serta asal smk masing-masing, oh ternyata ada yang jauh bangat dari timur indonesia yaitu papua dan ada juga dari kalimantan, berarti semangatnya sangat luar biasa untuk belajar jaringan. Dan dilanjutkan dengan materi mikrotik selama 3 hari yang dipandu oleh om akrom lalu 3 hari selanjutnya dipandu langsung oleh pa dedi tentang cisco serta 2 hari materi wireless dipandu oleh pa hero.

Alhamdulillah dari training tersebut saya mendapat sertifikat Mikrotik MTCNA ya walaupun tergolong sertifikat basic tapi lumayan lah buat nambah sertifikat kalo buat ngelamar-ngelamar kerja. Selama training 8 hari karena hari yang ke 9 pa dedi ada keperluan maka training hanya 8 hari tetapi ilmu yang didapat banyak bangat dari mulai hitung ip address, kerja seorang NE yang bisa menghubung seluruh kantor cabang antar perusahan, baik ilmu cisco, mikrotik serta wireless menjadi tamabh paham..(jadi tambah PEDE kalo ngajar jaringan… hehehe)

Ada pesan yang saya selalu ingat dari pa dedi “ KALO KITA BELAJARNYA KERAS MAKA KERJANYA RINGAN” dan sebaliknya “KALO KITA BELAJARNYA RINGAN MAKA KERJANYA KERAS”.

Training kedua Menjadi Trainer Mikrotik Academy Bersama ID-NETWORKERS.COM

Kelanjutan dari training pertama, setelah 1 tahun dari training pertama IDN kembali mengadakan training untuk menjadi trainer mikrotik, setelah ada postingan di group SMK IDN di facebook bahwa akan diadakan training untuk menjadi trianing mikrotik maka saya langsung ikut mendaftar alhamdulliah masih kebagian kuota. Pada training yang kedua ini difokuskan untuk menjadi seorang trainer mikrotik academy… untuk pemberi materinya langsung dipandu oleh pa ziad sobri yang telah lulus mejadi tariner Mikrotik…

Hari pertama training bisa bertemu dengan trianing yang pertama, dan banyak juga yang dari trianing batch ke 2 dan ke 3 dari traing pertama, guru-guru yang ikut training pertama ada yang tetap menajadi guru dan ada juga yang sudah pindah ke dunia kerja menjadi IT diperusahaan, katanya sangat bermamfaat sekali pada saat mencoba melamar ke dunia kerja, mungkin dunia kerja lebih menjadikan dari pada dunia pendidikan… (hehehehe)

Setelah materi menjadi trainer mikrotik maka diadakan ujian Mikrotik MTCRE karena syaratnya menjadi trainer mikrotik minimal harus mempunyai dua sertifikat yaitu MTCNA dan MTCRE, saya sampai ujian 3 kali sore, tengah malam dan pagi hari, karena harus mencapai nilai diatas 75 yang merupakan ketentuan dari mikrotik sebagai trainer mikrotik academy. Alhamdulillah bisa lolos dan lulus juga menjadi trainer academy…

Saya ucapkan banyak terima kasih kepada ID-NETWORKERS.COM , pa dedi Gunawan, Pa Ziad Sobri, Pa Supono, Pa Hero, Om Akrom dan semua teman-teman training. Semoga ilmu yang diberikan bertambah berkah dan bermamfa’at dunia dan akhirat. Aamiin……